Experience : Installing Cuda on Ubuntu 16.04 [Bahasa Version-1]

Kalau kalian sedang ingin belajar Deep Learning dan ingin mencoba utak-atik tensorflow, maka kalian pasti sadar kalau tensorflow tidak mau berjalan di Windows. Karenanya kali ini, mau sedikit lagi berbagi pengalaman langkah yang saya pakai untuk instalasi NVIDIA Cuda di Ubuntu.

Kalau mau langsung cepat, silakan baca bagian Referensi

Proses dan pengalaman

1. Awalnya saya ngiranya driver NVIDIA akan otomatis terinstall di Ubuntu 16.04 *kayaknya dikabarin sama siapa gitu, dan percaya-percaya saja* Karena kepercayaan itu langkah pertama yang saya lakukan adalah langsung download Cuda.

2. Setelah terdownload (cuda_7.5.18_linux.run) langsung run dengan perintah sudo sh cuda_7.5.18_linux.run --override

3. Nah, karena pas lagi install saya masih PeDe sudah ada nvidia drivernya akhirnya ketika ditawarin di menu installnya untuk instal nvidia driver saya ya jawab NO dan setelah itu proses instalasi tetap berjalan lancar dan berhasil.

4. Setelah berhasil terinstal, saya pingin coba cek apakah Cuda sudah berjalan dengan memainkan file sampel Cuda nya. Caranya tinggal tuju folder home/user/NVIDIA_CUDA-7.5_Samples/1_Utilities/deviceQuery. Setelah itu, open terminal di lokasi tersebut dan run perintah make di terminal. Lalu jalankan program device query dengan perintah ./deviceQuery .

5. Dan munculah tulisan seperti ini 🙁

-> CUDA driver version is insufficient for CUDA runtime version
Result = FAIL

6. Error tersebut menyadarkan ada yang salah dengan NVIDIA drivernya. Setelah coba cek dengan beberapa cara untuk mengecek apakah NVIDIA driver sudah terinstall, dengan perintah dpkg -l | grep nvidia, ternyata driver NVIDIA nya memang belum terinstall dengan baik 😐 karenanya saya langsung memulai proses instalasi NVIDIA Drivernya

–Bersambung di sini–

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.